Sehat Ala Silat | NGACAK.COM

Oleh; Imam Dg. Janggo

Kita ketahui bersama olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk memelihara kesehatan jasmani. Salah satu diantaranya adalah Silat. Silat sebagai salah satu Cabang olahraga tentunya memiliki cara-cara khusus dalam membina kesehatan jasmani melalui metode dan teknik tertentu.

Dengan melakukan teknik tertentu, selain gerakan pemanasan pada umumnya yang ada pada tiap cabang olahraga, silat juga melatih otot-otot dan persendian tubuh, melatih kita menjadi lebih peka pendengaran serta penglihatan atau kelincahan mata. 

Dalam buku Sejarah Silat Kumango saya mencatat bahwa kurang lebih 820 perguruan beladiri silat yang tersebar di seluruh bumi nusantara ini, dengan berbagai gaya dan kekhasannya. Perguruan tersebut dalam proses belajar mengajarnya mempunyai suatu kesamaan yakni membentuk jasmani yang sehat kuat, gesit dan terampil. Tentu bahwa latihan teratur akan meningkatkan kebugaran jasmani seperti kelenturan, kekuatan, kelincahan, daya tahan, kecepatan, maupun koordinasi. Kita sering mendengar dan melihat baik secara langsung maupun melalui video youtube banyak tokoh-tokoh silat walaupun telah mencapai usia lanjut masih tetap dapat memperlihatkan kebolehannya memperagakan jurus dengan mantap. Ini berarti ia memiliki kondisi kebugaran jasmani yang baik.

Untuk menguatkan organ tubuh kita, termasuk bagaimana cara menambah kesehatan jantung dan paru-paru, kita akan dilatih pernapasan. Khusus organ tubuh kita bagian dalam, bukan hanya gerakan tubuh yang menguatkannya, melainkan juga teknik pernapasan yang baik. Tentu saja hal ini dilatih secara bertahap, tetapi semakin meningkat. Dalam silat ada tahap-tahap tertentu, di mana diajarkan hal-hal yang berhubungan dengan pernapasan tersebut.

Jadi sudah sangat jelas terlihat bahwa pencak silat benar-benar dapat membuat tubuh kita lebih bugar dan sehat karena gerakan-gerakan atau metode yang diberikan dapat melatih otot-otot dan persendian kita disamping semakin lancarnya peredaran darah.

Yang Lagi Hangat

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *